Category Archives: Education

Nggak Perlu Service! Ini 6 Cara Paling Efektif Untuk Membuka Lockscreen Android Yang Terkunci

Nggak Perlu Service! Ini 6 Cara Paling Efektif Untuk Membuka Lockscreen Android Yang Terkunci
Berikut ini Jaka kasih tahu cara paling efektif untuk membobol lockscreen smartphone Android yang terkunci.

Lockscreen merupakan salah satu fitur yang disematkan pada perangkat smartphone sebagai tambahan fitur keamanan yang akan memastikan smartphone kalian tidak begitu saja dibobol oleh pihak yang tidak berhak. Lockscreen ini juga bisa sangat bermanfaat untuk memberikan perlindungan ketika smartphone Android kalian hilang dan jatuh ke tangan orang lain.

Namun, bagaimana jika terjadi kasus kalian lupa pattern atau password lockscreen kalian? Nah, tentunya sebagian dari kalian mungkin akan panik dan buru-buru ke tukang servis padahal sebenarnya kalian bisa melakukan sejumlah trik untuk mengatasi masalah tersebut. Apa saja trik yang Jaka maksud? Berikut ini Jaka kasih tahu cara paling efektif untuk membobol lockscreen smartphone Android yang terkunci.

1. Manfaatkan Android Device Manager

Masukkan Password/pattern Lockscreen Baru

Ketika smartphone kalian terkunci, salah satu cara efektif yang bisa kalian coba adalah dengan memanfaatkan layananan Android Device Manger. Kalian hanya perlu memilih opsi Lock pada user interface Android Device Manager.

Setelah itu, tunggu sesaat dan kalian akan diminta memasukkan password baru untuk menggantikan pattern lockscreen kalian yang lama. Proses ini hanya akan memakan waktu sekitar 5 menit dan setelah itu kalian sudah bisa kembali menggunakan smartphone Android kalian lagi.

2. Manfaatkan Fitur Forgot Pattern

Forgot Pattern

Selain dengan memanfaatkan Android Device Manager, kalian juga bisa memanfaatkan fitur Forgot Pattern yang muncul ketika kalian salah memasukkan pattern locksscreen sebanyak 5 kali.

Kalian nantinya akan diminta memasukkan username dan password akun Google kalian sebagai langkah verifikasi kepemilikan smartphone. Jika selesai, Google akan mengirimkan unlock pattern kalian atau kalian bisa memilih membuat pattern baru.

3. Manfaatkan Emergency Call

Pernah liat opsi Emergency Call di lockscreen kalian? Nah, fitur tersebut juga bisa kalian manfaatkan untuk membobol lockscreen kalian yang terkunci. Kalian hanya perlu memilih opsi tersebut dan masukkan tanda * sebanyak 10 kali. Setelah itu, double tap pada tanda * tadi kemudian lakukan proses copy paste sampai lockscreen kalian terbuka.

4. Safe Mode

Safe Mode

Foto: gadgethacks.com

Safe Mode juga bisa membantu kalian membobol lockscreen (dalam hal ini lockscreen yang dibuat dengan aplikasi pihak ketiga) yaitu dengan cara menjalankan mode ini terlebih dahulu.

  • Tahan tombol power hingga muncul pilihan Turn Off, lalu tahan opsi Turn Off sampai ada pemberitahuan Safe Mode.
  • Nah, untuk membobol lockscreen kalian, cukup hapus seluruh data dari aplikasi lockscreen pihak ketiga yang kalian instal.

5. Manfaatkan ADB Untuk Hapus File Password

Jika kalian ingin cara yang lebih expert untuk membobol lockscreen, kalian bisa menghubungkan smartphone kalian ke komputer untuk mengakses Android Debug Bridge. Dari sini kalian cukup melakukan dua langkah singkat yaitu:

  • Masuk ke direktori instalasi ADB.
  • Selanjutnya, buka CMD dan masukkan kode seperti pada gambar berikut.
Hapus File Password

Foto: gadgethacks.com

Kode tersebut akan menghapus pattern atau password lockscreen kalian yang lama sehingga kalian bisa mengatur pattern atau password lockscreen baru.

6. Factory Reset

Jika semua cara sudah kalian coba dan masih gagal, satu-satunya cara paling ampuh untuk menyelesaikan masalah kalian adalah dengan melakukan Factory Reset.

  • Tekan dan tahan tombol volume down + power untuk mengakses bootloader dan pilih Recovery Mode.
Mengakses Factory Reset

Foto: gadgethacks.com

  • Jika sudah masuk ke Recovery Mode, pilih opsi wipe data atau Factory Reset untuk menghapus lockscreen lama kalian.
Hapus Semua Data Dengan Factory Reset

10 Model Pertanyaan Wawancara ‘Jebakan’ di Perusahaan Top Dunia

10 Model pertanyaan wawancara 'jebakan' di perusahaan top dunia
Bikin para kandidat garuk-garuk kepala.

Brilio.net – Bekerja di perusahaan top dunia tentu menjadi suatu kebanggaan. Orang yang melihat tentu akan menyangka bekerja di perusahaan besar dapat menjamin finansial yang baik. Pengalaman kerjanya pun menjadi bekal penting ketika suatu saat ingin bekerja di tempat lain.

Untuk mendapatkan satu kursi pekerjaan di perusahaan-perusahaan ternama itu, tentu tak mudah. Salah satu tahapnya adalah wawancara. Nah ada pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya ‘menjebak’ untuk mengetahui kepribadian calon karyawan.

Berikut adalah beberapa diantaranya, seperti dirilis dari Design Taxi dan Business Insider, yang bisa membuat para kandidat garuk-garuk kepala.

1. “Jika kamu hanya bisa memilih satu lagu untuk dimainkan setiap kali kamu berada di sebuah ruangan sepanjang sisa hidupmu, apa yang akan dipilih?” – Google

foto: Daily Hive Vancouver

2. “Jika saya ngobrol dengan teman terbaikmu, satu hal apa yang keluar dari mulutnya yang akan kamu kerjakan?” – Apple

foto: inc.com

3. “Ketika kamu berada di keramaian, bagaimana caramu menonjolkan diri?” – Microsoft

foto: mspoweruser.com

4. “Jika kamu memiliki pilihan antara dua negara adikuasa – tidak terlihat atau terbang – yang akan kamu pilih?” – Microsoft

foto: Business Review USA

5. “Bagaimana kamu membuat Facebook untuk orang buta?” – Facebook

foto: Investopedia

6. “Bagaimana kamu bisa mengetahui satu algoritma lebih baik dari yang lain?” – Netflix

foto: emaze.com

7. “Bagaimana caramu menangani data yang hilang?” – IBM

foto: livemint.com

8. “Bagaimana menangani data yang tidak seimbang dimana selisih rasio positif dan negatif sangat besar?” – Amazon

foto: marketwatch.com

9. “Bagaimana caramu mengukur keterlibatan pengguna Twitter?” – Twitter

foto: thenextweb.com

10. “Kapan kamu akan pensiun?” – Adobe

foto: investors.com

Canggih! Ini Cara Mematikan Laptop Hanya Bermodalkan Smartphone Kamu

Pertama, kamu harus download aplikasi Unified Remote via Google Play Store dan memasang softwareserupa di laptop kamu lewat link ini.

Gambar: Google Play

  • Setelah sukses terpasang, silahkan buka Unified Remote lewat smartphone dan laptop dan pastikan kedua perangkat terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi yang sama.
  • Jika sudah terhubung, silakan buka Unified Remote di smartphone kamu. Klik menu di kiri atas dan klik Servers, lalu pilih server yang sesuai dengan laptop kamu untuk sinkronisasi kedua perangkat.

Gambar: Google Play

  • Jika keduanya sudah terhubung, maka kamu bisa menggunakan semua fitur di aplikasi ini, termasuk mematikan laptop. Untuk mematikan laptop, klik menu, pilih RemotesPower, dan klik Shut Down.

Gambar: Google Play

Selain nonaktifkan laptop secara remote, aplikasi ini pun bisa mempunyai fungsi lain, seperti restart, mengakses file laptop, mengubah smartphone menjadi mouse dan keyboard, screen mirroring, serta fitur-fitur lainnya.

Gambar: Google Play

Saat pindah meja kerja atau ruangan, tentunya kamu tetap bisa mematikan laptop dan mengamankan semua data yang ada di dalamnya. Dengan catatan, smartphone dan laptop kamu harus berada dalam jaringan Wi-Fi yang sama dan aplikasi Unified Remote berjalan di taskbar laptop kamu.