1. Dr.Web

Dr.Web Anti-Virus Link Checker    3.9.13 
Apps  Antivirus & Security   Doctor Web, Ltd.
DOWNLOAD
jebakan-betmen-1

Sebagai pembuka, ada extension bernama Dr.Web yang dapat kamu pasang di Google Chromemaupun Mozilla FirefoxExtension ini dapat secara mudah memberitahukan kepada kamu, linkapa yang dapat dikatakan bersih dari segala jebakan dan virus. Setelah kamu pasang di browser, maka setiap link yang dicurigai dapat diperiksa secara lebih lanjut dengan mengklik kanan linktersebut dan pilih Check with Dr.Web. Halaman Popup pun akan muncul untuk memberitahukan setiap informasi penting mengenai keamanan dari link yang diperiksa.

2. ipty.de/av

ipty.de/av    1.0.46 
Apps  Antivirus & Security   ipty.de/av
DOWNLOAD
jebakan-betmen-2

Berikutnya ada layanan dengan nama yang sangat aneh yaitu ipty.de/av. Bagaimana cara membacanya ya? Ah yang penting, extension/plugin ini juga tidak kalah powerful apabila dibandingkan dengan Dr.Web. ipty.de/av memberikan setiap informasi penting mengenai website yang telah kamu buka atau link yang ingin diperiksa lebih lanjut. Tampilannya yang sederhana dan cara penggunaannya yang mudah membuat ipty.de/av dapat diandalkan untuk menghindarkan kamu dari jebakan betmen yang berbahaya.

3. Secure Browsing

Secure Browsing    1.0.2 
Apps  Antivirus & Security   securebrowsingplus
DOWNLOAD
jebakan-betmen-3

Beranjak ke software yang lebih powerful lagi. Secure Browsing namanya, dan apabila kamu sudah memasang extension ini di browser, maka hampir dipastikan kamu dapat memeriksa keamanan dari seluruh elemen yang ada di sebuah website. Bayangkan saja, Secure Browsing dapat memeriksa, apakah sebuah link aman atau tidak, file yang ingin didownload mengandung virus atau tidak, hingga memeriksa apakah sebuah gambar aman untuk dilihat atau tidak. Ia mengandalkan beragam database dari perusahaan antivirus ternama seperti VirusTotalAviraBitDefenderComodo Inspector, dan masih banyak lagi.

4. Safe Preview – AdBlock

AdBlock    3.18.0 
Apps  Antivirus & Security   everhelper.me
DOWNLOAD
jebakan-betmen-4

Safe Preview juga sama, ia dapat kamu fungsikan dengan mengklik kanan sebuah link, untuk memeriksa seberapa amankan link itu untuk dibuka. Fitur paling powerful dari Safe Preview ialah tab bernama is it safe?, sebuah fitur yang akan memberikan kamu hasil pengecekan sebuah linkdari 7 database antivirus yang berbeda, seperti AvastDr.WebMcAfee, hingga Norton. Safe Preview juga memberikan tombol khusus di sebelah hasil pencarian di Google, sehingga kamu bisa memeriksa seberapa aman link yang ingin dibuka.

5. VirusTotal chromizer

VTchromizer    1.2 
Apps  Antivirus & Security   Emiliano Martinez Contreras
DOWNLOAD
jebakan-betmen-5

Terakhir ada layanan bernama VirusTotal. Salah satu layanan terbesar dalam hal keamanan internet ini tentu saja menyuguhkan beragam fitur mumpuni yang jangan sampai dilewatkan. Ia memiliki database yang kuat, berikut fitur keren seperti memeriksa link, file, hash, hingga alamat IP. Mereka juga membuatkan secara khusus halaman informasi terhadap semua situs yang sudah pernah diperiksa, sehingga kamu bisa mengetahui setiap info terkait halaman yang dicurigai mengandung jebakan betmen.

https://jalantikus.com/tips/software-untuk-menghindari-link-jebakan-virus/