Jakarta, GoHitz.com – Setiap tanggal 2 Mei Indonesia selalu merayakannya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Dulu mungkin yang namanya belajar itu butuh perjuangan, namun berkat kemajuan dan perkembangan teknologi lima terobosan berikut ini berhasil membuat Sobat GoHitz makin mudah untuk belajar dan menimba ilmu, bahkan mengubah dunia pendidikan.

1. e-Book

(foto: sayogand.blogspot.com)
(foto: sayogand.blogspot.com)

Pernahkah Sobat GoHitz merasakan saat skripsi harus membutuhkan beberapa teks book untuk menyusun tugas akhir? Karena kemajuan teknologi informasi dan digital, saat ini mendapatkan teks book tidak sesulit dulu. Sebab kini ada electronic book atau e-book.

e-book atau buku elektronik merupakan sebuah buku berformat elektronik yang biasanya disebarkan dalam bentuk file pdf, epub atau mobi. Buku ini bersifat ramah lingkungan karena tidak lagi menggunakan bahan kertas serta mampu dibaca di mana pun dan kapan pun apakah itu saat menunggu kereta, atau bersantai di taman.

2. Audiobook

(foto: rebeccastarford.com)
(foto: rebeccastarford.com)

Terobosan berikutnya yang membantu dunia pendidikan adalah buku berformat audio atau dikenal juga sebagai audio book. Buku ini sebetulnya ditujukan untuk penyandang disabilitas terutama penyandang tunanetra, namun audio book juga ternyata digemari oleh individu normal yang memiliki kegiatan super sibuk sehingga tidak memiliki waktu luang untuk membaca. Karena diformat dalam bentuk suara maka Sobat GoHitz bisa mendengarkan sejumlah pelajaran yang diterangkan audio book terutama saat terjebak kemacetan di jalan raya.

3. Komputer Tablet Layar Sentuh

c
(foto: blogdhanny.files.wordpress.com)

Dunia pendidikan harus berterima kasih kepada Steve Jobs karena berkat inovasi layar sentuh dan komputer tabletnya pelajar di seluruh dunia mampu menimba ilmu secara mudah. Kemampuan komputer tablet layar sentuh yang dahsyat selain mampu menjadi buku tulis portabel juga memberikan pengalaman interaktif menarik dalam metode pembelajaran.

4. Kursus Online

c
(foto: coursera.org)

Dulu kalau mau menimba ilmu atau mengenyam pendidikan, termasuk kuliah, Sobat GoHitz harus jauh-jauh berangkat ke kota besar untuk mendaftar sebagai peserta kursus atau mahasiswa baru di kampus tertentu. Namun berkat kemajuan teknologi informasi yang pesat, Sobat GoHitz tidak perlu susah payah seperti dulu lagi kalau mau belajar karena adanya kursus online.

Kursus online yang saat ini menjamur di dunia maya seperti Coursera, edX, IndonesiaX dan Future Learn bukan hanya sekedar kursus namun juga dianggap setara perkuliahan di kampus karena lembaga-lembaga yang menjadi penyelenggara kursus online tersebut merupakan kampus-kampus ternama seperti Tokyo University, Harvard, London School of Economics, bahkan Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Kursus-kursus online seperti memiliki sertifikat yang diakui dan berformat pendidikan jarak jauh dimana pesertanya melakukan metode pembelajaran lewat video perkuliahan dan artikel studi kasus. Kursus online seperti sangat bagus terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan super padat atau tinggal di wilayah-wilayah terpencil.

5. Sosial Media

s
(foto: facebook.com)

Pernahkah Sobat GoHitz merasakan nostalgia kerja kelompok, proses belajar seperti ini selain mampu menuntaskan pekerjaan rumah bersama-sama teman juga dijadikan ajang tukar pikiran dan forum diskusi.

Kemajuan dan perkembangan teknologi yang pesat saat ini tidak serta merta menghilangkan kegiatan kerja kelompok, bahkan memperluas cakupan pesertanya melalui sosial media dan forum diskusi dunia maya seperti Facebook atau Kaskus. Di sini Sobat GoHitz bisa berdiskusi dan belajar dengan teman-teman bukan hanya dari Indonesia bahkan dari seluruh dunia.