Nggak Perlu Service! Ini 6 Cara Paling Efektif Untuk Membuka Lockscreen Android Yang Terkunci

Nggak Perlu Service! Ini 6 Cara Paling Efektif Untuk Membuka Lockscreen Android Yang Terkunci
Berikut ini Jaka kasih tahu cara paling efektif untuk membobol lockscreen smartphone Android yang terkunci.

Lockscreen merupakan salah satu fitur yang disematkan pada perangkat smartphone sebagai tambahan fitur keamanan yang akan memastikan smartphone kalian tidak begitu saja dibobol oleh pihak yang tidak berhak. Lockscreen ini juga bisa sangat bermanfaat untuk memberikan perlindungan ketika smartphone Android kalian hilang dan jatuh ke tangan orang lain.

Namun, bagaimana jika terjadi kasus kalian lupa pattern atau password lockscreen kalian? Nah, tentunya sebagian dari kalian mungkin akan panik dan buru-buru ke tukang servis padahal sebenarnya kalian bisa melakukan sejumlah trik untuk mengatasi masalah tersebut. Apa saja trik yang Jaka maksud? Berikut ini Jaka kasih tahu cara paling efektif untuk membobol lockscreen smartphone Android yang terkunci.

1. Manfaatkan Android Device Manager

Masukkan Password/pattern Lockscreen Baru

Ketika smartphone kalian terkunci, salah satu cara efektif yang bisa kalian coba adalah dengan memanfaatkan layananan Android Device Manger. Kalian hanya perlu memilih opsi Lock pada user interface Android Device Manager.

Setelah itu, tunggu sesaat dan kalian akan diminta memasukkan password baru untuk menggantikan pattern lockscreen kalian yang lama. Proses ini hanya akan memakan waktu sekitar 5 menit dan setelah itu kalian sudah bisa kembali menggunakan smartphone Android kalian lagi.

2. Manfaatkan Fitur Forgot Pattern

Forgot Pattern

Selain dengan memanfaatkan Android Device Manager, kalian juga bisa memanfaatkan fitur Forgot Pattern yang muncul ketika kalian salah memasukkan pattern locksscreen sebanyak 5 kali.

Kalian nantinya akan diminta memasukkan username dan password akun Google kalian sebagai langkah verifikasi kepemilikan smartphone. Jika selesai, Google akan mengirimkan unlock pattern kalian atau kalian bisa memilih membuat pattern baru.

3. Manfaatkan Emergency Call

Pernah liat opsi Emergency Call di lockscreen kalian? Nah, fitur tersebut juga bisa kalian manfaatkan untuk membobol lockscreen kalian yang terkunci. Kalian hanya perlu memilih opsi tersebut dan masukkan tanda * sebanyak 10 kali. Setelah itu, double tap pada tanda * tadi kemudian lakukan proses copy paste sampai lockscreen kalian terbuka.

4. Safe Mode

Safe Mode

Foto: gadgethacks.com

Safe Mode juga bisa membantu kalian membobol lockscreen (dalam hal ini lockscreen yang dibuat dengan aplikasi pihak ketiga) yaitu dengan cara menjalankan mode ini terlebih dahulu.

  • Tahan tombol power hingga muncul pilihan Turn Off, lalu tahan opsi Turn Off sampai ada pemberitahuan Safe Mode.
  • Nah, untuk membobol lockscreen kalian, cukup hapus seluruh data dari aplikasi lockscreen pihak ketiga yang kalian instal.

5. Manfaatkan ADB Untuk Hapus File Password

Jika kalian ingin cara yang lebih expert untuk membobol lockscreen, kalian bisa menghubungkan smartphone kalian ke komputer untuk mengakses Android Debug Bridge. Dari sini kalian cukup melakukan dua langkah singkat yaitu:

  • Masuk ke direktori instalasi ADB.
  • Selanjutnya, buka CMD dan masukkan kode seperti pada gambar berikut.
Hapus File Password

Foto: gadgethacks.com

Kode tersebut akan menghapus pattern atau password lockscreen kalian yang lama sehingga kalian bisa mengatur pattern atau password lockscreen baru.

6. Factory Reset

Jika semua cara sudah kalian coba dan masih gagal, satu-satunya cara paling ampuh untuk menyelesaikan masalah kalian adalah dengan melakukan Factory Reset.

  • Tekan dan tahan tombol volume down + power untuk mengakses bootloader dan pilih Recovery Mode.
Mengakses Factory Reset

Foto: gadgethacks.com

  • Jika sudah masuk ke Recovery Mode, pilih opsi wipe data atau Factory Reset untuk menghapus lockscreen lama kalian.
Hapus Semua Data Dengan Factory Reset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>