teknologi-topanalfa

Dalam dunia teknologi informasi, ada banyak sekali daftar istilah-istilah yang jarang kita dengar sehingga menimbulkan kebingungan. Oleh karena itu, disini, Saya akan menulis beberapa daftar istilah yang ada dalam teknologi informasi beserta maksudnya.

Bandwith: Istilah bandwidth sering anda dengar dalam gelombang atau radio. Bandwidth digunakan sebagai ukuran kemampuan sebuah jaringan dalam menteransfer data pada jangka waktu tertentu

Bitnet: Secara teknis, Bitnet merupakan jaringan point-to-point “menyimpan dan meneruskan”. Dalam hal ini sebuah pesan email dari sebuah komputer ditransmisikan secara bertahap dari satu server ke server lainnya sampai tiba di komputer tujuan

Banner: Media informasi yang berbentuk gambar biasanya untuk menampilkan iklan bergambar pada sebuah halaman web

Chat: adalah sebuah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan berbentuk tulisan secara realtime

Chatting: Istilah yang di gunakan saat melakukan interaksi dengan fasilitas chat

Client: Sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.

Dial-up:  Jenis Koneksi Internet yang menggunakan jaringan telephone

Dial-up Networking: Fasilitas network yang di miliki oleh oleh sistem oprasi microsoft.

Download:  adalah sebuah proses transfer atau pengambilan data dari internet yang di simpan ke komputer

E-Commerce: adalah istilah yang di pakai untuk perdagangan atau transaksi perbankan di internet.

Domain Name: Nama khusus untuk menandakan sebuah alamat web di internet.

E-Mail: Sebuah fasilitas untuk mengirimkan pesan/menerima pesan dalam bentuk tulisan berbeda dengan chat e-mail tidak secara realtime

FTP: File transfer protocol adalah protokol (antarmuka) yang digunakan untuk men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.

Freeware: Program yang ditempatkan diinternet dan dibagikan secara gratis, setiap orang diperbolehkan mengambil file tersebut.

GIF  (Grafical Interchange Format): suatu format file gambar. GIF mepunyai ukuran file yang kecil, sehinggah banyak yang digunakan sebagai format gambar di internet.

Hacker: adalah orang ahli di bidang komputer, internet pada khususnya, dengan keahliannya hacker dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.

Homepage : adalah halaman depan atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet

HTML: Hyper Text Markup Language, yaitu bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan dalam bahasa program

Http://: http atau kepanjangannya Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program web browser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http.

Intranet: sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.

Internet Explorer: program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.

Internet-TV: sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet.

ISP (Internet Service Provider): ISP berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi internet. jika kita igin komputer kita terhubung ke internet, maka kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP.

JPEG (Joint Photografic Experts Group): Selain GIF, JPEG merupakan file gambar yang banyak digunakan diiternet, JPG mempunyai ukuran file yang lebih kecil.

Login: otorisasi yang dilakukan oleh seorang user untuk masuk ke halaman pribadi dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet).

Logoff/Logout: keluar dari sebuah sebuah halaman pribadi di jaringan komputer (termasuk internet).