maxresdefault

Apakah mungkin manusia menggunakan lightsaber sebagai senjata mereka, seperti yang dilakukan oleh para Jedi di Star Wars? Dr. Michio Kaku, seorang profesor serta ahli fisika menjawab bisa, dan sangat mungkin bagi manusia untuk membuat lightsabernya sendiri.

Melalui tayangan TV nya, Dr. Michio Kaku menggambarkan secara detail material apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah lightsaber. Alih-alih menggunakan laser, Dr. Michio Kaku menggunakan plasma sebagai tenaga utama ligthsaber.
.
“Mengapa plasma? Karena sifat laser yang tidak terbendung. Lagi pula cahaya laser akan pudar jika terkena sinar matahari,” demikian ucapnya dalam tayangan tersebut. “Maka dari itu, plasma adalah solusi tepat jika dunia ingin menciptakan ligthsaber dan menggunakannya sebagai pedang cahaya yang dapat memotong apapun.”
.
Gagang lightsaber akan terbuat dari suremix (material anti panas yang biasa digunakan pesawat luar angkasa agar mampu menembus atmosfer), dan pada rancangan milik Dr. Michio Kaku di atas, pada bagian bawah gagang pedang, di sematkan sebuah kipas berbahan titanium untuk menarik 100 kubik/detik angin ke dalamnya. Angin, akan memicu generator plasma di bagian berikutnya, yang dayanya ditopang oleh baterai nano, untuk melontarkan plasma bersuhu 12.000 derajat celcus. Kemudian, Plasma yang terlontar akan dijaga formasinya oleh kumparan elektromagnetik berlubang supaya tetap pada tempatnya. Kumparan itu juga yang membuat lightsaber padat, dan mampu berbenturan dengan lightsaber lainnya — hal ini karena sifat plasma tidak mampu berbenturan dengan plasma lainnya (menembus). Dr. Michio Kaku menyebutkan bahwa dengan konsep lightsaber buatannya ini, kamu bisa memotong besi semudah memotong mentega. Hal ini dikarenakan besarnya kekuatan plasma yang tidak jarang juga disebut sebagai partikel kecil dari halilintar.

Luar biasa sekali bukan apabila nanti senjata konvensional mulai digantikan dengan lightsaber? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.