drone-simulator-microsoft

Mencoba-coba manuver dan gaya terbang drone memang mengasyikkan. Sayangnya, dalam dunia nyata, kita pasti dibatasi oleh kehati-hatian diri sendiri supaya drone tidak jatuh, menabrak dan rusak. Kita tidak bisa bebas berkreasi di dunia nyata.

Itulah sebabnya Microsoft membuat sebuah simulator drone bernama AirSim dalam divisi riset milik mereka, Aerial Informatics and Robotics Platform. Bahkan bukan hanya drone, kedepannya simulator ini bisa digunakan untuk robot ataupun segala mesin dengan perangkat kendali.

microsoft-airsim-simulasi-drone

AirSim dibekali dengan dunia render yang begitu realistis, dibangun dalam platform open-source berbasis Unreal Engine yang kita tahu, juga dipakai para developer game besar maupun kecil. Seperti simulator lain, kita bisa memasukkan banyak input, semacam sensor atau kontrol dengan data yang tersedia.

Bahkan kabar baiknya lagi, AirSim telah dibekali support data dari vendor drone terkenal seperti DJI dan MavLink! Bagi yang penasaran seperti apa tampilannya, video di bawah ini merupakan video resmi dari Aerial Informatics and Robotics Platform Microsoft.