Jika Anda salah satu penggemar tokoh animasi legendaris Doraemon, pasti Anda sudah tidak asing dengan alat “Pintu Kemana Saja” (Dokodemo Door) yang sering digunakan. Jika kita menggangap alat tersebut hanya khayalan, ternyata pintu tersebut benar-benar hadir di dunia nyata. Lalu, seperti apa alat canggih yang menjadi kebanggan Doraemon ini.

pintu kemana saja

Tentu fungsi utama dari alat ini adalah mengantarkan penggunanya ke tempat yang mereka inginkan. Ya, seperti pada serial kartun atau komik, pintu ini sanggup mengantarkan Nobita dan kawan-kawan ke berbagai belahan bumi tanpa menggunakan kendaraan.

Jika di dunia kartun ada Doraemon yang memiliki pintu ajaib tersebut, di dunia nyata kita tidak butuh Doraemon untuk mengeluarkan pintu kemana saja, karena di Jepang Anda bisa menemui pintu ini. Seperti yang dilaporkan Rocket News 24, pintu kemana saja ini berada di pusat perbelanjaan Tokyo Solamachi, Tokyo Jepang. Ya, jika Anda mengunjungi lantai 3 pusat perbelanjaan tersebut, Anda akan mendapati pintu kemana saja.

Tapi sebelum Anda percaya bahwa ini sungguhan, pada dasarnya ini adalah pengalaman virtual reality dengan tema Dokodemo Door. Anda bisa mencicipi pengalaman bermain virtual reality selama 10 menit dan bisa merasakan seolah tengah berpetualang bersama Doraemon menggunakan pintu kemana saja. Memang tidak sama persis dengan yang ada pada serial komik atau kartun, namun setidaknya pengalaman yang dirasakan mirip. Acara ini berlangsung dari tanggal 20 Februari sampai 13 April 2017.

Dalang di balik ide spektakuler ini adalah ‘VR ZONE Project I Can’ yang memiliki tujuan untuk mewujudkan mimpi menjadi nyata melalui teknologi virtual reality. Selain itu, hadirnya arena bermain yang sekaligus menjadi pusat penelitian ini menjadi pembuka film terbaru Doraemon the Movie 2017: Nobita’s Great Adventure in the Antarctic Kachi Kochi. Rencananya film tersebut akan dirilis pada tanggal 4 Maret mendatang.