Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna Windows bajakan yang cukup tinggi. Sangat sulit untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Namun, setidaknya hal ini bisa dilakukan dengan memakai sistem operasi gratis yang juga mendukung aplikasi Windows. Salah satunya adalah ReactOS.

reactos

ReactOS ini merupakan sistem operasi open source yang memiliki tampilan seperti Windows Vista. Tidak hanya itu, berbagai jenis aplikasi Windows pun bisa dijalankan di sistem operasi ini. Bahkan, dalam update terbarunya, ReactOS ini telah mendukung MSSStyle.

Dukungan ini pun menjadi hal yang penting, terutama bagi para pengguna Windows yang ingin beralih ke sistem operasi gratisan. Mengingat, MSSStyle merupakan format file yang diterapkan oleh Microsoft pada produk digitalnya. MSSStyle pun digunakan oleh Microsoft di berbagai produk, termasuk di antaranya adalah Windows Vista dan Windows 7.

Untuk saat ini, versi terbaru yang disiapkan oleh ReactOS adalah versi 0.4.4. Menurut rencana, komunitas developer ReactOS bakal menyiapkan versi ReactOS 5.0 yang memberikan berbagai peningkatan. Peningkatan tersebut pun bakal membuat para pengguna Windows bisa merasakan kenyamanan saat memakai sistem operasi ini.

Selain itu, ReactOS ternyata memiliki kemampuan yang cukup ringan. Dalam situs resminya, ReactOS menuliskan kalau mereka bukanlah OS berbasis Linux yang sengaja dibuat mirip dengan Windows. Namun, OS ini merupakan OS yang murni dibangun dari awal. Bisa berjalan dengan menggunakan ruang kosong sebesar 500MB dan RAM hanya 96MB.