teach-your-kids-to-code

Disiplin ilmu apa yang tidak terdapat di internet? Di zaman sekarang seperti saat ini, hampir semua tersedia informasi di dalam internet. Kita dengan mudah menemukan data dan informasi yang kita perlukan di dalam situs-situs web yang terdapat pada internet.

Selain itu, internet juga memudahkan kita dalam hal jual-beli. Situs ini biasanya disebut dengan e-commerce. Bahkan, belanja secara daring pertumbuhannya semakin meningkat setiap tahunnya. Belum lagi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram yang memudahkan kita terhubung dengan orang-orang di belahan bumi lain. Pokoknya, internet ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi kita yang hidup di era digital.

Situs-situs e-commerce, jejaring sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) dan situs lainnya sejatinya adalah situs yang dibangun oleh berbagai bahasa pemrograman. Untuk membuat suatu situs web yang paling sederhana, setidaknya kamu mesti menguasai bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, PHP, dan Javascript. Lalu bagaimana caranya belajar bahasa pemrograman? Seperti pada awal kalimat tadi, informasi/tutorial bahasa pemrograman sangat-sangat melimpah asalkan kamu punya sifat sabar dan penasaran untuk selalu mencoba.

Kali ini, Fandinistic ingin merekomendasikan situs web untuk belajar bahasa pemrograman baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Semoga kamu tertarik, ya.

1. www.w3schools.com

W3Schools sangat cocok untuk kamu yang baru memulai belajar bahasa pemrograman. Tidak hanya HTML, CSS, ataupun PHP, di sana kamu juga bisa belajar bahasa pemrograman lain seperti Javascript dan SQL. Selain itu, di sana tersedia tutorial framework jQuery (Javascript) dan Bootstrap (CSS).

2. www.codeacademy.com

Code Academy sudah memiliki lebih dari 25 juta users aktif. Angka ini bisa dibilang terbesar untuk situs yang menyediakan tutorial bahasa pemrograman. Kamu bisa mendaftar secara gratis. Akan tetapi, kamu juga bisa upgrade menjadi pro users untuk mendapatkan akses semua tutorial yang ada dalam Code Academy.

3. www.codeschool.com

Sama seperti Code Academy, Code School juga menyediakan tutorial bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Javascript, ditambah lagi dengan bahasa pemrograman yang levelnya cukup sulit seperti Phyton, .NET, Ruby, dan iOS.

4. www.sekolahkoding.com

Nah, jika kamu agak kesulitan bejalar bahasa pemrograman dalam bahasa Inggris, tenang ada juga situs yang menyediakan tutorial dalam bahasa Indonesia. Nomor 4 dan 5 adalah rekomendasi situs untuk belajar bahasa pemrograman dalam bahasa Indonesia. Salah satunya adalah Sekolah Koding.

Sekolah Koding sudah membuat tahap-tahap, mulai dari mendesain web (front-end) ditambah dengan bumbu Javascript, hingga kemudian ke tahap PHP (back-end). Lebih dari 19 ribu users tergabung dalam Sekolah Koding. Sekolah Koding juga menyediakan fitur “Forum” untuk saling berdiskusi antar member. Saat ini, Sekolah Koding menawarkan premiun member dengar membayar Rp50 ribu/bulan atau Rp125 ribu/3 bulan. Premium member bisa mengakses semua video tutorial.

5. www.codesaya.com

Yang menarik dari Code Saya ini adalah para member bisa learning by doing. Kamu bisa langsung praktik di situs tersebut dan memahami tutorial yang disediakan. Kamu bisa belajar secara interaktif. Yang lebih asyiknya lagi, registrasi untuk menjadi member Code Saya gratis! Di sana juga ada fitur “Diskusi” yang bisa kamu tanyakan jika ada kendala.

Nah itulah lima situs untuk belajar bahasa pemrograman khususnya untuk membuat suatu website. Asalkan kamu bisa sabar dan telaten, pasti kamu bisa menjadi programmer yang andal. Selamat belajar, ya!