Berbelanja memang menyenangkan, namun hal yang kurang menyenangkan dari aktivias ini adalah membawa barang belanjaan yang berat. Terlebih lagi jika kita membawanya sambil berjalan kaki untuk menuju rumah. Namun kini ada robot unik yang dapat membawakan barang belanjaan Anda hingga tiba di rumah.

Hasil gambar untuk robot bawaan barang belanjaan

Adalah cabang perusahaan baru dari perusahaan pembuat skuter Vespa yang telah mengembangkan robot pengangkut barang. Robot ini dibuat oleh Piaggio Fast Forward yang berbasis di AS. Robot bernama Gita ini merupakan robot kargo dengan dua roda, yang berkerja seperti segway atau hoverboard.

(Kredit: Piaggio Fast Forward)

Robot ini mampu membawa barang belanjaan hingga seberat 18kg, yang bisa terdiri dari bahan makanan atau barang-barang lainnya. Gita bisa mengikuti di belakang Anda ketika berjalan atau bisa juga berjalan sendiri. Robot ini berukuran 66 cm, memiliki radius putar nol dan dapat berjalan dengan kecepatan seperti sepeda, yakni 35 kmh.

(Kredit: Piaggio Fast Forward)

Cara kerja robot ini termasuk sederhana. Pengguna hanya perlu memakai sabuk putih dengan kamera di bagian depannya. Robot ini menggunakan teknologi yang dikenal sebagai SLAM (Simultaneous Localization and Mapping), yakni sistem yang bertugas menciptakan titik peta 3D di cloud dari lingkungan pengguna saat mereka melakukan perjalanan. Gita mampu memastikan posisinya dan penggunanya dalam peta tersebut, dengan bantuan dari sistem kamera stereo yang melacak sabuk.

piaggio-gita-4

Ketika Anda berjalan melewati garis yang sudah ditentukan atau melewati jalan pintas, maka Gita akan mengejar ketertinggalan segera menyusul Anda. Baterai robot ini akan terisi penuh selama 3 jam pengisian, dan dapat berjalan selama 8 jam ketika digunakan pada kecepatan normal. Gita akan diluncurkan pada acara yang berlangsung di Boston pada 2 Februari, namun belum diketahui berapa harga robot ini.