all-nokia-n-series-complete

Bagi Nokia mantan penguasa pasar ponsel dunia, kedatangan Android adalah mimpi buruk. Kita pasti ingat, padahal waktu itu Nokia seri N berplatform Symbian masih merupakan ponsel impian banyak orang sampai awal kedatangan ponsel Android.

Setelah OS Symbian dinilai terlalu tua, Nokia mencoba melawan dengan Nokia N8, N9 yang berplatform Maemo dan MeeGo. Kemudian Nseries dihentikan dan meneruskannya dengan seri Nokia Lumia berplatform Windows Phone. Tapi lagi-lagi, semuanya kalah pamor dengan Android.

Akhirnya tahun ini Nokia mencoba bangkit kembali. Setelah Nokia 6 dinilai laris-manis, beberapa rumor dan foto mengatakan bahwa Nokia akan meneruskan kembali smartphone Nseries, seri legendaris yang pernah tenggelam. Dengan sistem Android juga tentunya.

HMD Global selaku pemilik merk Nokia dilaporkan membuat pengajuan untuk merek dagang N series dengan SAIC (Chinese State Administration for Industry and Commerce). Kebocoran nama ini berasal dari Cina, berisi dokumen-dokumen mengenai pengajuan nama-nama seperti Nseries, N-Series dan varian lain dengan istilah N. Berikut merupakan foto bocoran dari sebuah chat di Cina:

nokia nseries kembali

Nokia Nseries pertama datang 12 tahun yang lalu mengeluarkan ponsel Nokia N70, N90 dan N91 dan berhasil menjadi ponsel yang populer dan digandrungi. Terakhir seri N keluar, adalah setelah Nokia diizinkan kembali membuat gadget, yaitu tablet Nokia N1 berplatform Android di tahun 2014.

Kabarnya Nokia Nseries nanti akan diperkuat dengan Qualcomm Snapdragon 600 dan dipasarkan secara massal. Apakah seri tersebut akan diperkenalkan tahun ini? Kita tunggu saja kabarnya nanti.